Minggu, 09 Juni 2019

Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography

Cara Membuat Kutipan dengan Citation

Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).
  1. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style. 
  2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
  3. Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
  4. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
  5. Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
  6. Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
  7. Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.
  8. Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
  9. Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
  10. Klik OK.

Cara Mencari Sumber Kutipan

Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan pada daftar yang panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada dokumen MS Word yang lain.
  1. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Manage Sources.
  2. Perlu diperhatikan:
    • Bila membuka dokumen baru, semua sumber yang pernah digunakan pada dokumen sebelumnya akan muncul di bagian Master List.
    • Jika membuka dokumen yang memiliki kutipan, sumber untuk kutipan tersebut akan muncul di bagian Current List.
  3. Untuk mencari sumber tertentu, lakukan hal berikut:
    • Pada kotak sortiran, pilih apakah sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort by Year), penulis (Sort by Author), judul (Sort by Title), atau berdasarkan tag (Sort by Tag).
    • Pada kotak Search, ketik judul atau nama penulis yang ingin dicari.
  4. Klik Close jika sudah selesai.

 Cara Membuat Daftar Pustaka (bibliogrphy)

Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal 1).
  1. Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section Break untuk membuatnya di section yang baru.
  2. Pada References tab, in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography. 
  3. Klik pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
  4. Klik pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
  5. Bila ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
  6. Klik Update Citations and Bibliography.


Baca juga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Finance Time Value of Money (Future Value dan Present Value)

PENGERTIAN Time value of money atau dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa n...